SUARA INDONESIA PAMEKASAN

Bersama IKM Pamekasan, Bea Cukai Madura Dobrak Pasar Dunia

Chandra Kirana - 31 March 2021 | 11:03 - Dibaca 464 kali
Ekbis Bersama IKM Pamekasan, Bea Cukai Madura Dobrak Pasar Dunia
Kepala Bea Cukai Madura Yanuar Caliandra bersama IKM saat pelepasan ekspor perdana ke Singapura. (Dok. Chandra)

PAMEKASAN- Bersama Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Pamekasan, Bea Cukai Madura dobrak pasar dunia dengan ekspor perdana ke Singapura. 

Ini adalah salah satu fungsi Bea Cukai sebagai trade fasilitator dan industrial assisrance di bidang kepabeanan, dengan menggerakkan perekonomian IKM untuk ekspor produk unggulannya.

Pelepasan Ekspor Perdana IKM ke Singapura dengan 6 produk yaitu rengginang lorjuk, teh bugie, batik, ecoprint dan olahan teri. Semua IKM penghasil produk tersebut adalah binaan klinik ekspor Bea Cukai Madura.

"Total nilai barang ekspor IKM adalah USD 1.042,7 dengan penerima Atase Perdagangan RI di Singapura. Di sana produk UKM akan dilakukan kurasi dan penilaian menyesuaikan dengan karakter konsumen Singapura," jelas Yanuar, Kepala Kantor Bea dan Cukai Madura, Rabu (31/03/2021).

Disampaikan Yanuar, bahwa hal yang tak kalah pentingnya adalah rencana pelaksanaan Business to Bussiness (B2B) Matching yang akan mempertemukan para IKM sebagai penjual dengan para pembeli Singapura.

Yanuar juga menyampaikan, bahwa sebelum ekspor, para IKM diasistensi untuk menjadi eksportir mandiri. Mulai dari mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) Ekspor, Modul PEB, dan standar kemasan untuk ekspor. Klinik Ekspor juga melatih tata cara memperoleh Surat Keterangan Asal (SKA) secara elektronik.

"Kami membantu IKM untuk tumbuh dan berkembang mendobrak pasar global. Membantu mereka dari hempasan ekonomi karena Covid-19. Bea Cukai Madura tulus dan ikhlas memberikan asistensi dan pelayanan yang optimal pada IKM. Ini langkah nyata upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," pungkasnya.

Untuk diketahui, acara dihadiri Kepala Karantina Bangkalan, Kadin Pamekasan, Disperindag, Diskop dan UKM, BRI, serta IKM yang penghasil produk ekspor.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Chandra Kirana
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya