SUARA INDONESIA PAMEKASAN

Desainer Ternama 2 Negara akan Tampilkan Karya Terkini di Gebyar Batik Pamekasan 2020

Chandra Kirana - 05 December 2020 | 11:12 - Dibaca 1.09k kali
Peristiwa Daerah Desainer Ternama 2 Negara akan Tampilkan Karya Terkini di Gebyar Batik Pamekasan 2020
3 desainer ternama dari 2 negara yang akan menampilkan 20 karya terkini berbahan batik Pamekasan. (Dok. Embran)

PAMEKASAN- Desainer ternama 2 negara akan tampilkan karya terkini di Gebyar Batik Pamekasan 2020 Pamekasan 2020 bertema 'Nang-Konang Bu'u' yang bakal digelar Minggu (06/12/2020) di Melva Balemong Ungaran Semarang Jawa Tengah.

20 koleksi batik Pamekasan terkini karya desainer ternama Indonesia Embran Nawawi (Suarabaya), Pinky Hendarto (Semarang), dan Eaggamon Attagamon (Bangkok) akan ditampilkan di acara bergengsi dalam 'Sepenggap Kisah Batik Pamekasan untuk Indonesia'.

Acara ini terselenggara, berkat inisiatif Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pamekasan, Madura.

Kepala Disperindag Pamekasan, Achmad Sjaifuddin mengatakan, tujuan digelarnya acara ini untuk mempromosikan keindahan Batik Pamekasan hingga tingkat nasional, bahkan internasional.

Menurut dia, strategi mempromosikan batik agar lekas dikenal dan mendapatkan peluang pasar nasional dan internasional tidak hanya dipromosikan melalui Pamekasan saja, melainkan harus dipromosikan hingga luar Madura. 

"Saat ini kami ingin mencari peluang pasar di Jawa Tengah, agar batik Pamekasan bisa dikenal di sana dan bisa mendapat peluang pasar. Karena Jawa Tengah juga terkenal dengan sentra batik terbesar di Indonesia," kata Achmad Sjaifuddin, Minggu (05/12/2020).

Kepala Dinas yang akrab disapa Achmad ini menginginkan Batik Pamekasan bisa bersaing dengan batik Jawa dari segi penjualan. Melalui strategi ini, pihaknya akan mencoba menembus peluang pasar melalui acara Gebyar Batik Pamekasan 2020.

"Kami akan mencoba mencari peluang pasar melalui cara ini. Supaya masyarakat Jawa Tengah juga punya pilihan beragam saat ingin belanja batik," ungkapnya.

Menurut mantan Kepala Disparbud ini, batik Pamekasan memiliki ciri khas yang eksotis, indah dan artistik.

Ia berharap, melalui acara Gebyar Batik Pamekasan 2020 di Jawa Tengah itu, batik Pamekasan bisa memiliki peluang pasar yang cukup bagus. Sehingga batik Pamekasan di berbagai sentra batik yang ada di Jawa Tengah, selalu tersedia.

"Kami dari Pamekasan membawa sebagian pengrajin batik juga. Nanti mereka di Jawa Tengah akan menjual batik yang kelas biasa dan kelas premium," ucapnya.

"Jadi para undangan nantinya bisa juga membeli batik Pamekasan di lokasi acara. Nanti banyak jenis batik yang akan dijual oleh pengrajin," sambungnya.

Lebih lanjut Achmad Sjaifuddin berharap, setelah acara ini selesai, semoga batik Pamekasan lebih dikenal lagi oleh masyarakat luar dan semakin memiliki peluang segmentasi pasar yang luas.

Ia menginginkan, di tahun 2021 mendatang, batik Pamekasan tidak hanya disukai oleh kalangan orang dewasa saja. Melainkan, juga disukai oleh kalangan milenial.

"Karena bagi kami, batik Pamekasan itu sangat khas dan menawan, bila dikombinasikan menjadi pakaian sehari-hari atau pakaian resmi," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Chandra Kirana
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya