Bupati Pamekasan Resmikan Pelatihan Calon Wira Usaha Baru

Bupati Pamekasan Resmikan Pelatihan Calon Wira Usaha Baru
Peristiwa Daerah
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat mengalungkan tanda peserta Pelatihan Calon Wira Usaha Baru. (Dok. Wawan)

PAMEKASAN- Bupati Pamekasan Baddrut Tamam secara resmi membuka program pelatihan calon Wira Usaha Baru (WUB) secara simbolis di Pendopo Ronggosukowati, Rabu (29/07/2020).

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menjelaskan, bahwa program pelatihan calon WUB tersebut merupakan implementasi untuk mewujudkan terciptanya 10 ribu wira usaha muda di Pamekasan.

"Pelatihan tahap pertama dihadiri oleh 160 calon WUB. Namun, di tahun 2020 ini, total keselurahan ada sekitar 1.554 peserta yang akan mengikuti pelatihan WUB," jelasnya.

"Para calon wira usaha muda ini akan mengikuti lima tahap pelatihan yang akan kami upaya semaksimal mungkin," kata Baddrut Tamam.

Lima tahap pelatihan itu diantaranya;

1. Para calon wira usaha baru akan dilatih sumber dayanya oleh pelatih profesional yang ahli dalam sebuah bidang usaha yang akan ditekuni oleh 1.554 peserta WUB.

2. Usai sumber daya WUB itu dilatih, maka pihaknya berharap perbankan seperti Bank Jatim dan Himbara bisa membantu alat terhadap 1.554 peserta calon WUB tersebut.

3. Pemkab Pamekasan akan mengusahakan bantuan permodalan bagi calon WUB dengan bunga hanya 1 persen, dan sisa bunganya, akan ditanggung Pemkab setempat.

"Potensi ekonomi di Pamekasan ini sangat luar biasa. Namun tinggal bagaimana cara kita mengoptimalkan dan mengelola potensi itu sebaik mungkin," kata Baddrut Tamam.

4. Pemkab Pamekasan akan berusaha menciptakan pasar dengan dua model marketing.

Pertama melalui sistem penjualan online, dan yang kedua melalui sistem penjualan offline.

"Yang online sudah ada beberapa wira usaha baru yang mulai belajar. Sedangkan yang offline akan kita rancang beberapa model dan skenario untuk memasarkan beberapa Produk yang dihasilkan oleh peserta pelatihan WUB," terangnya.

5. Untuk menjaga atmosfer, semangat dan etos usaha kerja dari ribuan calon WUB tersebut, Pemkab Pamekasan akan menciptakan milenial talent hub.

Baddrut Tamam mengatakan, sejumlah orang yang sukses di bidang usahanya, akan diundang untuk memberikan motivasi yang dapat menebarkan inspirasi bagi semua peserta WUB.

"Karena kalau tidak dikemas sedemikian rupa, hasilnya tidak akan maksimal. Jadi kami menginginkan semua produk yang dipakai oleh warga Pamekasan dihasilkan oleh calon WUB ini," pungkasnya. (Adv)


Kontributor : Chandra Kirana
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar