SUARA INDONESIA PAMEKASAN

Pemkab Pamekasan Siapkan Bansos 4 Milyar untuk Kesejahteraan Lansia

Chandra Kirana - 21 January 2021 | 20:01 - Dibaca 925 kali
Peristiwa Daerah Pemkab Pamekasan Siapkan Bansos 4 Milyar untuk Kesejahteraan Lansia
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam didampingi Sekdakab Totok Hartono saat memimpin rapat dengan Dinas Sosial dan OPD terkait bantuan untuk lansia. (Dok. Prokopim)

PAMEKASAN- Pemerintah Kabupaten Pamekasan tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 milyar untuk membantu warga yang Lanjut Usia (Lansia) yang akan didisbusikan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur, 

Program perlindungan lanjut usia merupakan bantuan sosial berupa pemberian makanan bergizi yang dikhususkan untuk para lansia.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, anggaran Rp 4 milyar tersebut untuk pemberian makanan bergizi bagi 400 lansia sebanyak dua kali dalam sehari.

"Bantuan tersebut insyaallah akan kita realisasikan mulai bulan Maret mendatang," katanya, Kamis (21/01/2021).

Baddrut Tamam menambahkan, lansia yang akan mendapatkan bantuan itu, adalah lansia non produktif yang masuk dalam kategori kurang mampu (miskin) dan rentan.

"Nantinya para lansia yang hidup sendiri (sebatang kara) akan diusulkan oleh pemerintah desa dan kecamatan untuk mendapatkan bantuan tersebut," jelas Baddrut Tamam. 

Pemkab Pamekasan juga akan menyiapkan obat-obatan dan pemeriksaan gratis secara berkala untuk meningkatkan kualitas kesehatan para lansia. Namun saat ini pihaknya sedang mengatur konsep dan merampungkan data yang akan ditetapkan sebagai daftar penerima manfaat.

Dia memastikan, daftar penerima bantuan itu dipastikan tetap sasaran lantaran akan disesuaikan dengan nama dan alamat atau by name by adress.

Baddrut Tamam berharap, setelah program itu diresmikan, kebutuhan dasar berupa pangan bagi lansia yang hidup sebatang kara bisa terpenuhi. 

"Sehingga, bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan para lansia," pungkasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Chandra Kirana
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya